Google Translate vs. Bing Translator

Saya ini boleh dibilang kurang pandai untuk belajar bahasa asing, tapi anehnya dalam beberapa tahun belakangan harus menetap di negara yang bahasa resminya bukan Bahasa Indonesia maupun English: ya saya pernah tinggal di Germany dan sekarang di negeri Belanda. Salah satu fitur smartphone yang paling sering saya gunakan untuk bertahan hidup adalah language translator. Kebetulan saya install dua app yang berbeda: Google Translate dan Bing Microsoft Translator.

bing_google

Kedua app ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari yang dahulu saya harus mengetik semua teks bahasa asing secara manual, kini keduanya sudah mampu scanning teks secara otomatis melalui akses ke camera smartphone kita. Bing Translator sendiri sekarang sudah memiliki fitur speech-to-text yang sangat memudahkan berinteraksi secara langsung dengan native speakers di negara asing kamu berada, sehingga bisa lebih memperlancar lagi komunikasi antar bahasa.

Kualitas terjemahan kedua aplikasi ini sangatlah baik dan bersaing. Tetapi secara umum saya sendiri lebih menyukai hasil terjemahan Google Translate ketimbang Bing Translator. Tetapi secara fitur, saya lebih sering menggunakan Bing Translator ketimbang Google Translate, terutama untuk scanning dokumen dalam jumlah besar.

Kedua atau salah satu aplikasi ini sangatlah bermanfaat untuk teman-teman traveller yang hobi jalan-jalan ke luar negeri. Karena meski kita kini sudah memasuki masa dimana international traveling sudah menjadi bisnis yang besar, tetapi kebanyakan fasilitas yang ada masih mengandalkan penggunaan terminologi dalam bahasa lokal.

Semoga dengan perkembangan Artificial Intelligence, Machine Learning dan Natural Language Processing yang semakin canggih, tidak lama lagi kita bisa menikmati percakapan antara dua atau lebih orang dalam bahasa yang berbeda dengan lancar.

Kalau kamu, mana aplikasi penterjemah bahasa yang diunggulkan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s