Pengalaman Memperbaharui Paspor di KBRI Den Haag

Akhirnya waktu itu datang juga…waktu dimana saya harus memperbaharui masa berlaku paspor hijau berlogo garuda. Belum habis sih masa berlakunya, masih ada 6 bulan sebelum expired, tapi sekedar jaga-jaga kalau ada business trip ataupun liburan keluarga ke luar negeri. Nah ini dia langkah-langkah yang saya lalui untuk memperpanjang paspor di KBRI Den Haag (sebelumnya selalu di Kantor Imigrasi Bandung ketika mudik):

  1. Isi formulir online
    Setiap pemohon wajib untuk mengisi data diri secara online melalui situs KBRI Den Haag di URL (http://imigrasi.indonesia.nl/). Setelah selesai mengisi form tersebut, kita harus print dan tempelkan satu buah pasphoto ukuran paspor terbaru.
  2. Lengkapi dokumen persyaratan
    Selain mengisi formulir online, saya juga harus mempersiapkan beberapa dokumen yang disyaratkan termasuk surat dari pihak pemerintah kota Amsterdam yang membuktikan bahwa saya terdaftar sebagai penduduk resmi.
  3. Datang ke KBRI Den Haag
    Setiap pemohon wajib datang sendiri ke KBRI Den Haag dengan membawa seluruh dokumen yang disebutkan di poin 1 dan 2. Dan disinilah hal aneh yang saya amati:

    • Harus mengambil 2 nomor antrian untuk 2 layanan yang hampir sama. Kebetulan saya pada saat yang bersamaan juga harus membuat paspor baru untuk anak yang baru lahir. Ternyata meski urusannya hampir sama, nomor antriannya harus diambil 2x. Untung saja istri sudah mengantisipasi hal ini.
    • Petugas mengetik ulang semua data yang kita sudah isi di formulir online di layar komputernya. Aneh bin ajaib. Aneh karena formulir isian yang sudah diisi sebelumnya sudah menghasilkan bar-code dengan kode identifikasi unik yang secara teknis tinggal di scan dan semua data bisa diambil kembali dari database yang ada. Sangat tidak efisien.
  4. Membayar biaya administrasi
    Saya harus membayar 60 Euro untuk 2 paspor baru ini (@ 30 Euro). Beruntung bahwa prosesnya dilakukan menggunakan PIN, bukan cash.

Puji Tuhan proses ini hanya perlu dilakukan setiap 5 tahun. Kalau setiap tahun rasanya saya bisa stress sendiri. Mudah-mudahan ketika waktunya datang lagi (2023) untuk memperbaharui paspor, prosesnya jauh lebih efisien dibandingkan 2018.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s