Wisata Edukatif di Belanda untuk Bayi & Batita Anda!

Untuk menghasilkan generasi yang lebih baik, kami usahakan memberikan Martin hiburan yang bukan hanya menyenangkan tetapi juga mengembangkan kemampuannya dalam berbagai aspek. Dari hasil jalan-jalan di akhir pekan bersama Papanya maupun berdua saja dengan saya di hari kerja, ini 5 tempat main anak yang saya rekomendasikan karena menarik untuk anak dan juga ada unsur pendidikan.

1. Perpustakaan Pusat, Amsterdam

Tempat ini cocok untuk memperkenalkan buku sedini mungkin bagi anak Anda. Cocok bahkan sedini bayi Anda baru bisa merangkak! Anda bisa memperkenalkan buku-buku kain kepadanya dalam suasana perpustakaan yang rileks dan nyaman. Lokasinya di tengah kota, 15 menit jalan kaki dari stasiun pusat Amsterdam. Ada banyak turis juga berkunjung kesini. Informasi lebih lengkap ada disini.

Area Membaca Balita

2. Museum Kelinci Miffy / Nijntje, Utrecht

Museum ini sangat recommended karena penuh konten ‘Belajar sambil Bermain’ dan cocok untuk anak mulai dari bisa berjalan. Dari daftar 5 tempat di artikel ini, saya (dan juga Martin) paling suka Museum Nijntje dan Perpustakaan pusat. Sayangnya Museum Nijntje ini berlokasi di Utrecht sementara kami tinggal di Amsterdam jadi tidak bisa sering-sering kesini.

Museum ini penuh warna-warni, banyak permainan menarik untuk batita seperti bermain peran menjadi dokter, seniman, polisi, dllsb. Liputan lengkapnya bisa lihat disini.

Berbagai buku Miffy digantung dengan Wow!

3. Museum Kereta, Utrecht

Untuk museum yang satu ini rasanya cocok kalau balita Anda sudah berusia 2 tahun. Dia akan suka lari-lari dalam museum ini di antara kereta-kereta klasik. Dia juga akan dimanjakan dengan atraksi-atraksi menarik seperti naik wahana dimana kita seakan naik kereta uap sehingga ada getaran, ada suara peluit kereta api, dsb. Ada juga wahana Fireproof dimana kita seakan naik kereta api jaman dulu dengan harus melewati api di bagian akhirnya. Dan tentu saja ada playground dengan kereta untuk anak-anak naik. Foto-fotonya bisa dilihat disini.

4. Museum Buku Anak, Den Haag

Museum ini juga cocok sejak anak mulai bisa berjalan. Anak-anak pasti senang dengan berbagai ilustrasi menarik di museum ini. Tetapi akan lebih senang lagi kalau anak sudah tau/familiar dengan buku cerita yang diilustrasikan ke dalam rupa-rupa permainan di museum ini. Disini anak bisa bermain seperti menggali lubang, naik perahu, petak umpet, dll. Cerita lengkapnya silahkan baca disini.

5. Museum Bahari, Amsterdam

Bagi kita orang dewasa, museum ini sangat bagus karena membahas komplit sekali tentang perkapalan dengan cara yang atraktif. Tetapi kalau anak-anak, saya kira baru tertarik kalau usianya minimal 3 tahun dan baru sepenuhnya mengerti kalau usianya minimal 6 tahun. Saya senang anak kami yang berusia 3 tahun bisa berkenalan dengan kapal besar VOC sambil main-main menembakkan meriam yang ada di kapal. Liputan dan impresi saya terhadap museum ini bisa dibaca disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s