Moeders Restaurant di Amsterdam

Jalan-jalan ke Amsterdam rasanya kurang afdol kalau tidak mencoba makanan tradisional Belanda. Meskipun makanan di Belanda ini sedikit banyak sudah berasimilasi dengan masakan Asia lainnya, terutama Indonesia, masih ada loh masakan khas yang layak untuk dicoba. Misalnya saja Stamppot. Makanan yang satu ini kurang lebih seperti mash potato yang dicampur dengan sayuran hijau dan disajikan bersama sosis dan daging lainnya.

Stamppot

Kalau kamu Googling restaurant yang menyajikan stamppot di Amsterdam, kamu pasti akan end-up di satu restaurant: Moeders. Dari namanya saja kamu pasti bisa membayangkan bahwa restaurant ini menyajikan makanan khas ala dapur seorang ibu. Lokasinya juga sangat strategis di tengah kota tidak jauh dari pusat keramaian Dam Square. Kamu bisa naik tram 17 dari arah Central Station.

Moeders buka untuk makan siang hingga makan malam. Untuk makan siang mereka tidak menerima rsvp. Karena itu sangat disarankan untuk datang setelah jam 14:00, supaya tidak terlalu padat ketika tepat jam makan siang. Restaurant ini tidaklah besar, antar meja juga sangat berdekatan. Tapi yang seru dari resturant ini adalah ruangannya yang dipenuhi banyak sekali foto keluarga, terutama seorang ibu. Again, benar-benar mencerminkan nama restaurant Moeders yang berarti mothers.

 

Saya sendiri baru pertama kali ke restaurant ini minggu lalu karena kebetulan ada teman dari Singapura yang datang berkunjung. Singkat cerita kami pun memesan menu stamppot untuk makan siang kami. Overall rasanya sih standard ya…tapi banyak turis lain yang berkomentar bahwa makanan yang disajikan sangatlah lezat. Satu hal yang perlu kamu ingat kalau memesan stamppot di sini adalah porsinya yang sangat membuat kenyang. Selain itu juga pelayannya sangat direct, just like typical Dutch would be. So, jangan terkejut atau merasa tersinggung kalau tidak mendapatkan pelayanan bak seorang raja/ratu seperti di Indonesia.

Selain stamppot, Moeders juga menawarkan beberapa makanan khas Belanda lainnya seperti apple pie dan ertwensoup (soups kacang polong). Soup yang satu ini sangat identik dengan musim dingin di Belanda. So, buat kamu yang ingin berburu makanan khas Belanda untuk makan siang atau malam, Moeders bisa menjadi salah satu referensi.

Iklan

2 comments

    • Sayangnya tidak. Moeders adalah restaurant traditional Belanda, jadi makanannya ya tipikal European food dan tidak dikhususkan bagi mereka yang mencari halal food.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s