Night of The Refugee 2017

Sudah beberapa tahun belakangan ini media di Eropa selalu diwarnai pemberitaan mengenai pengungsi. Banyak sekali NGO di Belanda yang aktif mengadakan kegiatan dan menggalang dana untuk membantu saudara-saudara kita ini. Dan ada beberapa dari kegiatan mereka yang hingga saat ini masih saya aktif ikuti, seperti donasi untuk penyediaan air minum bersih bagi para pengungsi di camp penampungan mereka. Meski tidak banyak jumlah uang yang saya donasikan setiap bulannya, secara kolektif saya bahagia ketika sebagian kecil penghasilan saya itu ternyata bisa membantu mereka. Karena saya dan keluarga sudah merasakan bagaimana air yang bersih sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Tetapi 17 Juni 2017, saya memutuskan untuk ikut dalam kegiatan yang lebih menantang kemampuan fisik juga: Night of Refugee. Sederhananya sih kegiatan ini bertujuan untuk kita bisa sedikit merasakan tantangan yang para pengungsi hadapi ketika harus berjalan jauh keluar dari negara mereka masing-masing. Yakin deh yang saya lakukan kemarin ini tidak akan pernah sebanding dengan apa yang mereka harus lalui dalam perjalanan mereka.

Acara Night of Refugee ini juga digunakan untuk menggalang dana yang nantinya akan disalurkan untuk pendidikan anak-anak di camp penampungan mereka. Buat saya pribadi, pendidikan sangat lah penting dan saya berharap sumbangsih saya dan teman-teman bisa membantu memperbaiki masa depan dunia menjadi lebih baik lagi melalu pendidikan. Jarak tempuh jalan yang bisa dipilih 10KM / 20KM / 40KM. Karena ini baru pertama kalinya saya dan teman-teman Gereja berpartisipasi, kami memutuskan untuk mulai dari 10KM.

Di akhir jalan 10KM itu saya merasa terharu sekaligus bangga terhadap diri sendiri. Selain sukses berjalan sejauh 10KM dalam keadaan yang tetap fit (untuk ukuran orang yang jarang olahraga ini pencapaian besar), secara kolektif kami juga berhasil menggalang donasi lebih dari 1500Euro. Jumlah yang fantastis! Jika panitia berhitung bahwa 40Euro bisa digunakan untuk pendidikan satu anak pengungsi selama 1 tahun, berarti kami berhasil membantu 37 orang anak. Bangga!

Saya bertekat untuk tahun depan bisa ikut andil lagi dalam acara yang sama. Mudah-mudahan bisa jalan lebih jauh lagi, 20KM.
Kita yang diberikan berkat dari Tuhan, sudah selayaknya lah berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Kita yang memberi tidak akan pernah berkekurangan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s