Amankah traveling ke Eropa?

Salah satu hal penting yang diinginkan traveler selama bepergian pastinya keamanan. Mulai dari tempat tinggal yang aman, sampai keamanan barang-barang bawaan terutama dompet dan kamera. Apalagi dokumen berharga seperti paspor dan kartu kredit, jangan sampai kecopetan!

Sedih dan selalu menakutkan kalau mendengar cerita traveler lain yang mengalami hal yang tidak menyenangkan seperti kecopetan selama dalam perjalanan. Contohnya saja sharing pengalaman 2 orang anggota komunitas backpacking Indonesia di Facebook ini:

screen-shot-2016-11-07-at-6-16-04-am screen-shot-2016-11-07-at-6-09-56-am

Kalau ditanya bagaimana pendapat kami yang tinggal di Eropa, kami sendiri akan selalu menjawab: Eropa aman kok untuk traveler! Ketidak-amanan selama perjalanan akan selalu ada dimana saja, tidak hanya Eropa. Yang jelas tips-tips aman selama perjalanan harus selalu diikuti tanpa menjadikan liburan kita penuh dengan paranoia berlebihan. Bisa-bisa kita gak menikmati liburannya.

Kejahatan akan selalu ada dimana-mana rekan traveler. Beberapa saran dari kami:

– Selalu pisahkan cash di beberapa lokasi. Jangan taruh dompet di saku belakang celana.

– Jika tidak diperlukan, dan ada safe deposit box di penginapan kamu, maka simpanlah dokumen-dokumen berharga itu di sana. Tapi jangan lupa untuk dibawa pulang ketika check-out ya!

– Berpenampilan santai tapi tidak berlebihan selayaknya orang yang baru pertama kali berkunjung ke negara atau kota tersebut. Penjahat selalu bisa melihat dari jauh gerak-gerik tubuh seseorang yang baru pertama kali berkunjung ke suatu tempat.

– Kami sekeluarga lebih suka traveling menggunakan smartphone sebagai panduan jalan, karena penduduk lokal pun demikian. Bukan dengan peta kertas berukuran besar.

– Kalau bepergian secara berkelompok, ingatkan satu sama lain untuk saling memperhatikan teman-temannya.

– Hendak naik public transport? Jangan memaksakan diri untuk naik jika bus/tram/metro yang tiba sudah terlihat sesak. Di Eropa frekuensi bus/tram/metro cukup sering kok.

Semoga teman-teman traveler tidak kapok berkunjung ke Eropa, dan bagi yang akan ke Eropa, semoga kalian tidak mengurungkan niat hanya karena pengalaman beberapa traveler yang kurang menyenangkan itu. Eropa tetap indah dan layak untuk dikunjungi!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s