Pengalaman Apply Visa ke India

Sebagai WNI yang tinggal dan bekerja di luar negeri, mengurus Visa untuk mendukung pekerjaan itu sudah menjadi makanan rutin. Bahkan seringnya apply Visa membuat boss-boss di kantor sering bertanya apakah saya yakin tidak perlu Visa untuk business trip ke negara-negara di Schengen area.

Nah kali ini giliran Visa ke India yang harus saya apply.

Ternyata meskipun saya sudah berpengalaman dalam apply Business Visa ke banyak negara, tetap saja aplikasi Visa ke India ini membawa banyak pelajaran, beberapa diantaranya:

1. eTourist Visa

Bagi WNI yang hendak melancong alias jalan-jalan ke India, ternyata cukup apply eTourist Visa (eTV) yang semua prosesnya bisa dilakukan online (https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html). Rata-rata dalam 72 jam akan keluar hasilnya. Meskipun hanya berlaku single-entry Visa, tetap saja sangat membantu dan cukup jarang negara lain yang memberlakukan aturan serupa khususnya untuk WNI. Biasanya hanya untuk warga Eropa dan USA saja.

2. Registrasi perusahaan

Biasanya surat undangan dari perusahaan di negara tujuan disertai dengan surat keterangan dari perusahaan di home country cukup untuk apply Visa ke banyak negara. Tapi India ini sangat ketat. Mereka bahkan meminta copy dari registrasi perusahaan pengundang di India dan juga registrasi perusahaan di Belanda (home country perusahaan saya ya Belanda). Nah ini yang sempat bikin heboh HR di kantor karena gak pernah ada yang request seperti ini.

So, sebelum panik di ruang konsulat telpon sana-sini, make sure registrasi perusahaan-perusahaan tersebut dilengkapi terlebih dahulu. Registrasi yang dimaksud adalah data resmi terdaftarnya perusahaan di chambers of commerce masing-masing negara.

3. Fee aplikasi

Nah jujur saja ini kali pertama saya bahagia punya paspor Indonesia. Kebetulan saya apply Visa ini bersama seorang kolega dari UK. Ketika pembayaran kita baru sadar kalau fee yang dikenakan ke kolega saya jauh lebih mahal dari saya. Menurut pegawainya sih karena kolega saya menggunakan paspor UK. Bedanya 2x lipat loh, yeay!

Untuk informasi umum aplikasi Visa ke India bisa dilihat di link berikut: https://indianvisaonline.gov.in/visa/index.html

Sementara untuk yang berdomisili di belanda, info lengkapnya bisa dilihat di: http://www.vfsglobal.com/india/netherlands/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s