Tips Berhemat Biaya Transportasi di Belanda

Untuk urusan pengeluaran jalan-jalan di Eropa, Belanda terkenal sebagai salah satu negara tujuan wisata yang cukup mahal. Selain penginapan, biaya transportasi juga relatif terbilang merogoh kocek. Nah beberapa tips berikut bisa jadi dijadikan acuan untuk menghemat biaya perjalanan selama di Belanda:

GVB Night Bus
GVB Night Bus

1. Public transport: Belanda punya sistem public transport yang sangat reliable. Nah ketimbang jalan-jalan naik mobil pribadi ataupun naik bus hop-on-hop-off, bus/metro/tram di kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam bisa dijadikan pilihan utama kamu untuk jalan-jalan. Begitu juga dengan kereta yang bisa dipakai untuk berpindah antar kota. Secara umum biayanya akan lebih murah dibandingkan dengan sewa mobil (kalau jalannya sendirian).

Tapi buat yang sudah tinggal lama di Belanda, harga tiket kereta dan moda transportasi umum lainnya masih bisa ditekan lagi. Triknya dibahas di poin #2 dan #3.

2. Tiket korting kereta: satu hal yang paling ditunggu-tunggu banyak orang di Belanda adalah penjualan tiket kereta murah yang bisa dipakai seharian (hari kerja biasanya diatas jam 9 pagi, sementara Sabtu/Minggu/Hari Libur seharian penuh). Umumnya tiket ini ditawarkan oleh beberapa supermarket tekenal seperti AH, Hema, dan Blokker. Karena gak mungkin ngikutin satu per satu, jangan lupa bookmark website yang satu ini: http://www.treinreiziger.nl/reizen/kortingsacties

Emang seberapa murah sih? Contoh aja ya: biaya naik kereta dari Amsterdam ke Giethoorn itu bisa mencapai hampir 45 Euro pp per orang. Padahal rata-rata tiket korting ini harganya cuma 16-18 Euro, bisa dipakai seharian lagi. Murah banget kan!

3. Day(s) ticket in cities: rasanya di Belanda tidak ada istilah tiket turis untuk public transport. Yang ada hanya paket tiket 24/48/72 jam yang bisa dipakai untuk naik bus/metro/tram di kota tujuan kamu. Nah yang kamu harus hati-hati adalah tiket itu cuma bisa dipakai di kota-kota tertentu dimana kamu beli, karena disetiap wilayah beda-beda perusahaan pengelolanya. Jadi planning jalan-jalan kamu perlu matang dulu sebelum memutuskan untuk membeli paket tiket tertentu.

Yang jelas tiket harian ini akan jauh lebih murah dibandingkan beli tiket baru setiap kali naik bus/metro/tram. Untuk Amsterdam silakan lihat infonya di http://en.gvb.nl/ontdek-amsterdam

4.  Rental mobil: loh kok malah disarankan rental mobil? Karena kami sekeluarga suka jalan-jalan (2 dewasa dan 1 anak), setelah dihitung-hitung kalau jalan-jalannya lebih dari 2 orang rental mobil akan jadi lebih menguntungkan, baik dari segi biaya maupun waktu.

Nah untuk menghemat bensin, sangat penting memilih mobil-mobil yang irit penggunaan bahan bakarnya. Banyak kok rental mobil di Belanda yang sedia mobil Hybrid. Salah satu favorite kami untuk rental mobil adalah Greenmotion.

Semoga dengan 4 tips sederhana ini, disesuaikan dengan kondisi kamu tentunya, bisa menghemat biaya jalan-jalan kamu selama di Belanda.

Catatan: gambar diambil dari http://www.gvb.nl/sites/default/files/styles/image_1300x530/public/header/header-homepage-nachtbus-1300×430.jpg?itok=O6-K-Vo_

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s