Jalan-jalan ke Luxembourg

Sungguh pilihan yang tepat pada akhir pekan lalu kami menikmati musim panas di Luxembourg. Awalnya saya ragu karena tidak banyak pelancong internasional yang datang ke Eropa untuk jalan-jalan di Luxembourg. Informasi di internet pun tidak sebanyak kota-kota terkenal lainnya. Tetapi, setibanya disana, saya kagum dan bertekad mau menjadi “Luxembourg’s Advocate” 🙂

Yang paling saya suka adalah Bock Montee, terletak di Luxembourg City. Pemandangan dari sini sangat indah. Rasanya saya tidak ingin pulang, mau terus menatap keindahannya.

IMG_3105

IMG_3102 (2)

IMG_3068 (1)

IMG_3175

 

Dari Bock Montee, kami masuk ke dalam The Casemates, suatu benteng underground yang kini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Berbeda dari museum yang pada umumnya merupakan gedung kuno yang berisi banyak lukisan, The Casemates mirip gua yang telah dimodernisasi untuk kunjungan turis, dimana terdapat lubang-lubang di sepanjang terowongan yang menyuguhkan pemandangan indah dari sisi-sisi yang berbeda.

Secara umum, saya menikmati negara kecil yang hanya berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa. Kotanya tidak ramai, berkesan eksklusif, namun saya merasa nyaman karena banyak keluarga dengan anak-anak yang juga sedang menikmati akhir pekan di pusat kotanya.

Kami jalan kaki melewati kantor pusat Microsoft dan Amazon yang ternyata terletak di Luxembourg City! Lalu, menuju suburb bernama Grund, suatu daerah yang tenang dan khas Eropa sekali dengan jalan berbatu-batu dan menanjak.

IMG_3230

Dari Luxembourg City kami naik mobil sekitar 1 jam menuju kota Vianden. Dalam perjalanan, mata kami dimanjakan dengan hamparan hijau yang berbukit-bukit dan lembah serta cerahnya langit musim panas Eropa. Di Vianden kami hanya foto dengan kastil yang terkenal itu. Dan memang dari jauh saya lihat kastil itu seperti di negeri dongeng karena letaknya di atas bukit dan dikelilingi pepohonan.

IMG_3286 (1)

 

Tips jalan-jalan di Luxembourg:

  • Jika Anda traveling dengan anak balita, stroller bisa digunakan di pusat kota. Tetapi untuk ke Bock Montee dan sekitarnya sulit menggunakan stroller karena jalannya tidak datar. Demikian juga dengan Vianden, rasanya tidak mungkin masuk kastil dengan stroller.
  • Transportasi di Luxembourg City gratis setiap hari Sabtu. Jadi usahakan berkunjungnya di hari Sabtu ya 🙂
  • Satu lagi yang gratis di Luxembourg: WC!
  • Tambah satu lagi yang menguntungkan dari Lux: Harga bensinnya murah, hanya 2/3 di Belanda. Jadi kalau Anda traveling dengan mobil, jangan lupa isi bensin.
  • Jika Anda kesulitan mencari peta Luxembourg di internet, silahkan download disini. Tetapi di kota Luxembourg sendiri, ada banyak peta ini dimana-mana.
  • Di Vianden ada chairlift dimana Anda bisa duduk di posisi tinggi dan ditarik sekian kilometer untuk menikmati pemandangan luas dari atas. Kami tidak naik chairlift ini karena traveling dengan anak batita.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s