Tour Guide Sehari di Belanda

Hari Minggu kemarin saya nekat menjadi tour guide dadakan untuk keluarga yang sedang menginap di apartemen kami. Dengan bermodalkan mobil sewaan, saya mengajak mereka ke 3 tempat di Belanda: Giethoorn (alias Venice-nya Belanda), Volendam, dan Zaanse Schans.

Di awal perjalanan, kesan yang saya dapatkan adalah seru. Tapi ketika hari menjelang sore, badan rasanya sangat pegal. Ternyata menjadi guide sekaligus driver itu sangat tidak mudah dan melelahkan. Bahkan ketika tiba kembali di rumah, setelah selesai mandi dan santap makan malam, saya tertidur….19:30. Dan baru terbangun tadi pagi sekitar jam 6:00.

Pengalaman ini benar-benar membuat saya berpikir kalau pernyataan dari Robert T. yang sangat terkenal itu sangatlah benar: kita perlu memperbesar atau memperbanyak aset yang dapat bekerja untuk kita, bukan menambah pekerjaan di waktu ketika kita sangat memerlukan istirahat untuk menyambut awal minggu (alias Senin).

Bisa jadi ini akan menjadi pengalaman pertama dan terakhir bagi saya untuk menjadi tour guide dadakan. But hey, at least I tried and keluarga yang saya antarkan terlihat puas dan senang. Hitung-hitung menambah pahala baik đŸ™‚

Sekedar sharing pengalaman pergi ke 3 tempat tadi buat kamu yaang ingin berkunjung ke sana:

  1. Sangat disarankan untuk mengunjungi Giethoorn ketika hari masih sangat pagi. Berjalan-jalan disekeliling desa air Giethoorn sangat menyegarkan dan menyenangkan di pagi hari. Dan ternyata kalau kita bisa menikmati Giethoorn dengan berjalan kaki, kita tidak perlu menyewa perahu untuk berkeliling. Karena yang dilihat sama saja.
  2. Ketika mengunjungi Volendam untuk berfoto dengan kostum khas Belanda, sangat disarankan untuk melakukannya terlebih dahulu sebelum berkeliling desanya, membeli souvenir, dsb. Karena hasilnya baru bisa diambil 30 menit setelah proses foto selesai.
  3. Parkir di Zaanse Schans itu dikenakan 9 Euro berapa pun lamanya kamu parkir disana.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s