King’s Day dan Pendidikan Kemandirian

27 April 2016 dikenal sebagai King’s Day di Belanda. Hari yang sangat identik dengan warna oranye ini juga terkenal dengan maraknya pasar bebas, dimana masyarakat dengan leluasa berjualan tanpa dikenakan pajak atas hasil penjualannya. Mayoritas akan menjual barang-barang yang tidak lagi mereka perlukan, dengan harga miring dan tentu saja berharap dapat menjadi manfaat bagi orang lain yang membutuhkannya.

Processed with MOLDIV
Pasar bebas Vondelpark, Amsterdam

Sama halnya di Amsterdam. Kami sekeluarga pergi mengunjungi Vondelpark untuk melihat bagaimana maraknya pasar bebas kali ini. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, taman besar yang besar terletak di jantung kota ini hiruk-pikuk dipenuhi pengunjung dan penjual. Fokus kami selalu tertuju kepada anak-anak yang menjajakan barang dagangannya kepada kami. Sebagai orang tua, kami selalu kagum melihat bagaimana anak-anak ini sejak dini diajarkan untuk mandiri. Mandiri dalam hal mengatur keuangan mereka, termasuk mandiri dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Adalah hal yang baik jika kita bisa melihat sisi lain dari perayaan-perayaan seperti King’s Day ini dari sudut pandang yang berbeda, tidak hanya terfokus pada pesta dan minuman keras yang juga tidak bisa luput darinya. Semoga perayaan tahun depan kami bisa berpartisipasi aktif, tidak hanya sebagai pengunjung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s